Manfaat IT dalam Keperawatan



 MANFAAT IT


Perkembangan teknologi sangat pesat, dapat dilihat dari munculnya inovasi baru yang banyak diciptakan ilmuwan dunia dan khususnya pada Teknologi Informatika. Saat ini teknologi sangat melekat pada manusia.








Dalam Keperawatan adapun manfaat IT, yaitu Sistem Informasi Manajemen Keperawatan, dan adapun beberapa software yang digunakan untuk membuat flowchart SIM Keperawatan :
1. yEd Graph Editor
2. Dynamic Draw
3. Diagram Ring, dll

Adapun beberapa modul SIM RS:
1. Modul Pendaftaran
2. Modul Rawat Jalan ( Poli Umum dan Spesialis )
3. Modul Instalasi Gawat Darurat
4. Modul Rawat Inap, Unit Operasi, ruang VK, ICU
5. Modul Penunjang Depo Farmasi/Apotek
6. Modul Penunjang Laboratorium Klinik
7. Modul Penunjang Radiologi
8. Modul Penunjang Fisioterapi
9. Modul Penunjang Hemodialisa
10. Modul Penunjang Bank Darah
11. Modul Penunjang Asuhan Gizi
12. Modul Ambulance
13. Modul Kasir/Pembayaran/Billing
14. Modul Manajemen
15. Modul Personalia
16. Modul Gudang Farmasi
17. Modul gudang Umum/Logistik
18. Modul Perencanaan/Pengadaan/Pembelian
19. Modul Keuangan
20. Modul Akuntansi
21. Modul Rekam Medik 
 
Kira-kira apa manfaat IT untuk kita para manusia?
Teknologi dapat memudahkan kita dalam mencari informasi penting yang sedang ada diseluruh dunia dan bisa kita jelajahi melalui IT di bidang internet. Contoh kecilnya saja ketika kita ingin melihat ramalan cuaca, mengecek harga tiket, listrik, pulsa, dan beberapa pembayaran lainnya melalui internet. IT memudahkan manusia berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan pada zaman sekarang berkomunikasi sangat mudah berkat IT, contohnya handphone yang sekarang menjadi barang wajib bagi setiap individu karena membantu berkomunikasi dengan siapapun, kapanpun, dan dimanapun kita berada. Dan kunci utama untuk para pengguna internet di handphone maupun laptop atau komputer adalah harus mempunyai kuota atau wifi.
Dan dengan bantuan IT mahasiswa bisa mengakses banyak sumber dan mudah mendapat sumber ter-update yang belum ada di perpustakaan. Contohnya dari internet ada ebook dan jurnal, dan dapat membagi ilmu lewat Blog masing-masing mahasiswa dan bisa juga menyalurkan tulisan-tulisannya


Komentar

Postingan Populer